2011/03/28

Cara Instalasi Windows 7

Pertama kali yang pertu Anda lakukan adalah melakukan instalasi Windows 7 sehingga sistem operasi ini bersemayam di dalam komputer Anda. Proses instalasi Windows 7 lebih ringkas dibandingkan dengan Windows XP.

Spesifikasi Hardware
Untuk Windows 7, Anda pertu menggunakan spesifikasi hardware minimal seperti berikut:
- Arsitektur yang didukung 32 bit dan 64 bit.
- Prosesor 1 GHz 32 bit dan 1 GHz 64 bit.
- Memory (RAM) 1 GB of RAM dan 2 GB of RAM (untuk 64 bit).
- Kartu grafis Direct% 9 graphics processor dengan WDDM driver model 1.0 (untuk Aero).
- Kapasitas hard disk 16 GB atau 20 GB untuk 64 bit.
- DRIve optik DVD.

Ada 2 cara instatasi Windows 7, yang pertama adalah Clean Install, sementara yang kedua adalah Upgrade dari Windows XP SP2.
Cara untuk yang Clean Install sebagai berikut:
  1. Masukkan DVD Windows 7 ke dalam komputer Anda.
  2. Booting dan masuk ke BIOS lab ganti Startup Device ke DVDROM.
  3. Simpan perubahan di BIOS dan booting lagi.
  4. Pilihlah bahasa, zona waktu, dan layout keyboard yang akan digunakan selaMa proses instalasi dan klik tombol Next. Kemudian klik tombot Install now untuk memulai proses instatasi.
  5. Ketika muncul jendela Type your product key for activation, Anda bisa mengisikan product key yang Anda miliki. Klik tombol Next untuk menuju ke tahap selanjutnya.
  6. Pilihlah tipe instalasi Upgrade atau Custom. Jika Anda menginstal secara clean, yang bisa Anda pilih hanyalah Custom. Klik tombol Custom (Advanced) untuk melanjutkan proses instalasi.
  7. Di jendela Where do you want to install Windows? Pilihlah partisi hard disk yang akan dijadikan tempat diletakkannya file sistem operasi. Windows 7 hanya bisa diinstal pada hard disk yang berformat NTFS karena itu jika Anda belum memiliki partisi disk dengan format NTFS, Anda pertu untuk memformat partisi disk tersebut terlebih dahulu sebelum metanjutkan instalasi dengan menekan tombol Next.
  8. Maka proses instalasi dimulai. Installer akan mengembangkan file (expanding) dan DVD dan menyimpannya ke dalam hard disk lokal Anda.
  9. Setelah expanding, installer akan menginstal fitur dan update hingga selesai.
  10. Berikutnya komputer akan restart dan Anda diminta mengisikan username dan password untuk administrator. Walaupun Anda bisa tidak mengisikan password untuk akun administrator, namun untuk alasan keamanan Anda disarankan membuatnya. Isikan username Anda di kotak teks Type a user name (for example John) dan password di kotak teks Type a password (recommended). Klik tombol Next untuk menuju tahap instalasi selanjutnya.
  11. Di jendela Help protect Windows automatically, pilihlah rekomendasi bagaimana seharusnya Windows melakukan automatic update. Jika Anda ingin Windows otomatis meng-update, Anda bisa memilih tombol Use recommended settings. Namun jika bandwidth koneksi internet Anda masih bingung, klik Ask me later.
  12. Tentukan zona waktu di jendela Review your time and date settings dan klik tombot Next.
  13. Selanjutnya Installer akan mengevaluasi performa Windows 7 Anda, me-restart komputer dan Anda bisa menggunakan Windows 7 untuk bekerja.

Adapun proses instalasi Upgrade dari Windows XP SP2 sebagai berikut:
  1. Booting dan login ke dalam Windows XP Anda.
  2. Muncul tampilan Windows sebelum instalasi
  3. Setetah DVD Windows 7 dimasukkan, muncul jendela Install Windows. Anda bisa mengklik tombol Install now untuk menginstall Windows 7 Anda.
  4. Jendela Compatibility Report menampilkan informasi aplikasi atau piranti yang kemungkinan tidak cocok 100% dengan Windows.
  5. Klik tombol Start Over untuk menuju ke tahap selanjutnya.
  6. Proses instalasi akan dimulai, dimulai dengan penyalinan file-file Windows ke dalam hard disk.
  7. Proses selanjutnya sama seperti ketika melakukan Clean Install.
www.microsoft.com

    Tidak ada komentar: